pasang iklan di sini
Kepri  

Sosialisasi Peningkatan Kewaspadaan Informasi dan Media Mengahadapi Pemilu 2024

Shares

(SUKA) Batam – Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Politik dan PUM) Kemenetrian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Politik Dalam Negeri Ditjen Politik dan PUM Kemendagri bersama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri), dalam hal ini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kepri menggelar dialog atau diskusi bersama dalam Forum Peningkatan Kewaspadaan Informasi dan Media Dalam Menghadapi Pemilu 2024. Kegiatan dilangsungkan di Ballroom Beverly Hotel, Kota Batam, Kepri, Selasa (3/10/2023).

Narasumber dari kegiatan tersebut diantaranya adalah Kepala Badan Kesbangpol Kepri, Raja Henry Mohkrizal; Akademisi Universitas Batam, Ngaliman; Ketua KPID Kepri, Hengki Mohari; dan Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad.

Analis Kebijakan Ahli Muda Subdirektorat Fasilitasi Pemilu dan Pengembangan Demokrasi, Direktorat Politik Dalam Negeri, Ditjen Politik dan PUM, Kemendagri Andi Aswin Manggabarani, dalam pemaparannya menjelaskan, bahwa keberlangsungan Pemilu tahun 2024 sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk mengawasi berjalannya pesta demokrasi tersebut.

“Juga merangkul dan memberi pemahaman kepada masyarakat agar tidak salah informasi,” ujar Andi

Kepada seluruh forkopimda, Andi meminta bagaimana seluruh sektor dapat memberikan pencerahan, meliputi langkah-langkah apa yang perlu dilakukan bersama untuk menghadapi Pemilu 2024.

“Yang datang hari ini para undangan diharapkan bisa menjadi penyampai lidah, supaya masyarakat tau mengenai Pemilu yang sejatinya menyenangkan bagi seluruh kelompok dan lapisan masyarakat,” tambahnya.

Demokrasi, lanjutnya, harus terjadi guna terciptanya kebahagiaan bagi masyarakat dan bukan menjadi pemecah-belah anak bangsa.

“Tidak harus jadi pemecah-belah bangsa. Pesta demokrasi ini menciptakan kebahagiaan bagi masyarakat. Kami memandang kegiatan kami sangat strategis untuk dilaksanakan,” tutupnya.

Selain para narasumber, kegiatan itu juga turut dihadiri oleh 130 orang peserta diantaranya adalah Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kepulauan Riau. Komisioner KPU Provinsi Kepulauan Riau. Kabid Humas Polda Kepulauan Riau. Unsur Kecamatan se-Kota Batam. Tim Direktorat Politik Dalam Negeri dan Bagian Perencanaan Sekretariat Ditjen Politik dan PUM Kemendagri RI. Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Batam. Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Batam. Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Batam. Tokoh Masyarakat. Tokoh Perempuan. Tokoh Pemuda. Mahasiswa dari beragam universitas di Kepri dan Media lokal. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *