pasang iklan di sini
Kepri  

DPRD Kepri menyelenggarakan Rapat Paripurna ke-02 Masa Sidang Ke-1 Tahun Anggaran 2024

Beragendakan Penyampaian Ranperda tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana

Shares

(SUKA) Tanjungpinang – DPRD Provinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan Rapat Paripurna ke-02 Masa Sidang Ke-1 Tahun Anggaran 2024 bertempat di Ruang Balairung Wan Seri Beni Pusat Perkantoran Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Pulau Dompak, Kamis , (07/03/2024).

Paripurna ini Beragendakan Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.

Paripurna dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau Raden Hari Tjahyono dan dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Hj. Marlin Agustina, dan masing-masing Kepala Perangkat/Wakil dari OPD Provinsi Kepulauan Riau, serta Instansi Vertikal.

Paripurna dimulai dengan salam Pimpinan Sidang kepada tamu undangan serta penjelasan maksud diadakannya Paripurna pada hari ini.

“Sehubungan dengan program Pembentukan Peraturan Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Sebagaimana telah ditetapkan dengan keputusan DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Nomor 12 Tahun 2023. Pada hari ini, sebagaimana agenda rapat Paripurna, akan kita laksanakan penyampaian Rancangan Peraturan Daerah tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana daerah, oleh Wakil Gubernur Kepulauan Riau kepada DPRD Provinsi Kepulauan Riau”. Jelas Raden.

Setelah memberikan kata sambutan dan penjelasan tujuan dan maksud Paripurna ini, maka Raden Hari Tjahyono selaku Pimpinan Rapat mempersilahkan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Hj. Marlin Agustina untuk menyampaikan Penjelasan Rancangan Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Daerah.

“Ranperda ini akan memperjelas tanggungjawab, wewenang, hak dan kewajiban, peran serta masyarakat, kelembagaan, sistem penanggulangan bencana, pengawasan dan evaluasi sampai sanksi administrasi dan pidana apabila ada pihak-pihak yang lalai dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya” Ucap Marlin.

“Namun peraturan hanyalah satu bagian dari solusi. Diperlukan juga kesadaran dan kesiapan dari setiap individu dan komunitas. Kami mengajak seluruh masyarakat untuk terlibat aktif dalam persiapan dan respon terhadap bencana” Lanjutnya.

“Bersama-sama, kita dapat mengurangi risiko, melindungi yang rentan dan membangun kekuatan yang lebih besar dalam menghadapi tantangan masa depan” Tutupnya.

Sebelum Paripurna berakhir, acara dilanjutkan dengan Penyerahan Dokumen Rancangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Daerah Dari Hj. Marlin Agustina sebagai Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau kepada Pimpinan DPRD. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *